01 Juli 2012

Mengapa Pilih STMIK SPB?



Ada banyak alasan mengapa harus memilih STMIK SPB sebagai tempat kuliah. Tidak mudah menentukan pilihan untuk kuliah karena ini berhubungan sangat erat dengan masa depan anda. Salah memilih sekolah dan juga jurusan akan berdampak negatif pada kehidupan anda di masa depan.
  • Hal paling utama yang harus dilakukan adalah sesuaikan dengan minat dan bakat anda sendiri, jangan pilih sekolah dan jurusan yang tidak sesuai dengan hal ini. Pastikan anda mengenal minat bakat ini dengan berdiskusi pada pihak-pihak yang berkompeten (psikolog atau guru BK di sekolah), orang-orang dekat yang mengenal diri anda, atau berdiskusi dengan staf Airlangga Career Center (ACC).
  • Pertimbangkan bidang kerja yang prospektif di masa depan, jika belum yakin, pilihlah jurusan yang bisa masuk ke berbagai sektor (seperti jurusan TI atau Informatika yang dibutuhkan di semua bidang pekerjaan).
  • Sekolah negeri dan swasta saat ini sudah tidak ada bedanya lagi karena status suatu perguruan tinggi tidak ditentukan oleh status negeri/swasta lagi, bahkan banyak sekolah negeri yang memiliki peringkat akreditasi lebih rendah dari swasta dan biaya lebih mahal.
  • Pilih institusi pendidikan yang TERAKREDITASI, SERIUS dan memiliki komitmen jangka panjang dalam mengelola sekolahnya, hal ini akan membedakan kualitas proses pembelajaran selama perkuliahan antara institusi yang serius dan tidak.
  • Jika SUDAH BEKERJA, anda harus mempertimbangkan apakah kuliah yang akan diambil mendukung perkembangan karir di tempat kerja. Pastikan anda mengetahui semua peraturan di institusi tempat anda bekerja berkenaan dengan prospek karir jika telah selesai kuliah. Jangan lupa untuk mengetahui persyaratan teknis yang diminta oleh institusi anda berkenaan dengan jenis jurusan serta status perguruan tinggi yang diperbolehkan.
  • Jika memilih kuliah sambil bekerja, pertimbangkan jadwal kerja dan jadwal kuliah, apakah sesuai dengan kondisi anda? Mungkinkah mendapatkan dispensasi dari tempat kerja untuk menjalankan perkuliahan? Lihat contoh jadwal perkuliahan di STMIK SPB ini sebagai pertimbangan.
Khusus untuk STMIK SPB, silakan pertimbangkan hal-hal berikut ini.
  • Konsep pendidikan TI atau Informatika terpadu yang pertama di Kalimantan Timur (kami mengelola SMK Teknologi Informasi dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) dalam satu manajemen pengelolaan. Hal ini membawa banyak keuntungan yaitu keselarasan dan kesatuan dalam kurikulum, pengelolaan fasilitas pembelajaran, penyiapan karir, penyaluran lulusan dan keterpaduan (link and match) dengan dunia kerja, serta pengalaman para dosen dan instruktur.
  • STMIK SPB adalah peraih Kalimantan Winner dari TeSCA Award 2014 (Telkom Smart Campus Award), penghargaan bergengsi tingkat nasional bagi perguruan tinggi Indonesia dalam penerapan teknologi informasi dalam pendidikan (lihat info disini).
  • Peluang terjadinya percepatan perkuliahan karena adanya Program Kurikulum Terpadu SMK TI dan STMIK yang akan kami terapkan. Percepatan akan menghemat waktu dan biaya kuliah.
  • Kurikulum TI Terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan TERKINI di dunia usaha dan industri. Evaluasi terhadap kurikulum dilakukan secara terus menerus untuk memastikan bahwa materi kuliah selalu sesuai dengan kondisi sebenarnya di dunia kerja.
  • Program kuliah Kelas Eksekutif dengan perkuliahan akhir minggu pada hari Jumat-Sabtu-Minggu dan Kelas Reguler Senin-Jumat dengan waktu kuliah malam hari, sehingga memberi keleluasaan bagi mahasiswa untuk tetap meniti karir dalam pekerjaan sambil kuliah.
  • Kami memiliki pengalaman panjang dalam mengelola pendidikan TI atau Informatika di Kalimantan Timur dibawah payung Yayasan Pendidikan Airlangga yang diantaranya mengelola STMIK STIKOM Balikpapan (12+ tahun), STIKI/STMIK SPB Samarinda (9+ tahun) dan SMK TI Airlangga Samarinda (12+ tahun). Hal ini tidak bisa diremehkan karena mengelola pendidikan tidak sama dengan manajemen bisnis biasa, diperlukan pengalaman khusus dalam dunia pendidikan.
  • Dosen berasal dari kalangan Praktisi dan Akademisi yang berpengalaman. Perkuliahan akan menjadi sangat berbeda dan menarik diikuti ketika dosen adalah seorang ahli yang memiliki pengalaman langsung di lapangan. Pembelajaran diarahkan untuk mengenal dan memecahkan kasus-kasus sesungguhnya di dunia kerja.
  • Layanan Airlangga Career Center (ACC) untuk percepatan penempatan kerja serta konsultasi pengembangan karir bagi mahasiswa dan alumni yang ingin mengembangkan karir ke tingkat lebih tinggi. Layanan ini dilakukan secara terpadu di lingkup Airlangga Group dan telah memiliki banyak mitra dari dunia usaha dan industri.
  • Kampus TI Terpadu Airlangga Cyber School dengan WiFi Prima 9 Mbps 24 jam, Lab Terpadu (Multimedia, Programming & Network), Lab Robotika. 
  • Kami juga mengelola banyak kegiatan/event komunitas TI dan Informatika di Kaltim seperti SCCN (Samarinda Cyber Community Network), serta memiliki jaringan kerjasama luas seperti dengan ICT Watch, Internet Sehat, Diskominfo Provinsi & Kota, dll.
  • Kegiatan kemahasiswaan yang aktif dan terus berkembang seperti English Club, Programming Club, Religious Club (berdasar agama masing-masing), Robotics Club, dll. Program ini didukung penuh oleh STMIK SPB karena berperan sangat signifikan dalam menumbuhkan jiwa kemandirian dan kreatifitas mahasiswa.
  • Lokasi kuliah representatif dan strategis di tengah kota serta dilewati seluruh jalur angkutan kota, serta sangat dekat dengan pusat bisnis, kawasan perkantoran pemerintah, lokasi kuliner dan pusat perbelanjaan terbaik di Samarinda .
  • Kesempatan mendapatkan BEASISWA Stimulan Kaltim Cemerlang, PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) & BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dari Dikti/Kopertis dan beasiswa dari Yayasan Pendidikan Airlangga.
  • STMIK SPB adalah perguruan tinggi swasta resmi yang terdaftar di Dikti (lihat data resmi disini) dan Kopertis XI Wilayah Kalimantan (lihat data resmi disini), nama resmi kami adalah STMIK Sentra Pendidikan Bisnis (SPB).
  • STMIK SPB telah mendapatkan akreditasi (lihat informasi disini). Hal ini sangat penting karena institusi pendidikan tinggi yang tidak terakreditasi TIDAK DAPAT menerbitkan ijazah sendiri.
Lalu mengapa harus pilih yang lain? 

Jika anda masih ragu silahkan kontak kami melalui berbagai jalur yang kami sediakan. Apapun pilihan kuliah anda, kita semua berdoa agar anda mendapatkan masa depan yang gemilang. Amin...