01 Juli 2012

Pilih S1 atau D3?

STMIK SPB Airlangga Samarinda saat ini memiliki 2 (dua) Program Studi yaitu S1 Sistem Informasi dan D3 Manajeman Informatika. Lalu apa perbedaan antara program S1 dan D3? Apa keunggulan dan kekurangannya? Mana yang paling cocok untuk anda?

Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional RI, S1 masuk kedalam kategori pendidikan tinggi umum, sementara D3 masuk kedalam kategori pendidikan tinggi vokasi, keduanya berada dalam jalur yang berbeda. Kedua jalur ini memiliki tujuan yang berbeda pula. Lulusan SMA sebaiknya meneruskan ke jalur S1 hingga S3, sementara SMK kearah jalur Diploma yaitu D1 sampai D4 (setara S1) hingga SP2 (setara S3).

S1 diarahkan pada penguasaan bidang ilmu pengetahuan tertentu, sementara D3 diarahkan untuk bekerja pada bidang pekerjaan terapan tertentu. S1 umumnya diselesaikan dalam 8 semester (sekitar 3,5 tahun), D3 dalam 6 semester (sekitar 3 tahun). Jika yang anda cari adalah ijazah dan ada rencana melanjutkan ke jenjang lebih tinggi misalnya S2 dan S3, maka S1 jelas lebih cocok. Namun bila bukan ijazah dan gelar yang dicari, maka pilihan D3 memiliki banyak keunggulan karena bisa mendapatkan kompetensi unggul di satu bidang ilmu terapan dengan waktu kuliah lebih singkat.

Klik gambar untuk memperbesar.

Sistem Pendidikan Indonesia
Namun dalam kenyataan di lapangan, kedua jalur ini tidak memiliki batas yang jelas, artinya perpindahan jalur sangat dimungkinkan, yang paling umum adalah lulusan D3 bisa alih jenjang ke S1 walaupun jurusannya berbeda. Namun untuk alih jenjang seperti ini akan memerlukan verifikasi dan pengakuan atas mata kuliah agar sejalan dengan jurusan yang dituju. Ini akan berakibat panjangnya waktu kuliah dan bertambahnya biaya. D3 diarahkan untuk melanjutkan ke D4, bahkan hingga ke Spesialis (SP1 dan SP2) yang setara dengan jenjang S2 dan S3, namun sayangnya saat ini masih sangat sedikit perguruan tinggi yang menyediakan program ini.

STMIK SPB Airlangga Samarinda bertekad untuk menyediakan jalur pendidikan yang terbaik bagi para mahasiswanya agar bisa siap untuk masuk ke dunia kerja sesuai kebutuhan yang ada. Kami berkomitmen untuk menyesuaikan kurikulum dan materi ajar agar selalu sesuai dengan kebutuhan terkini. Jurusan, program studi dan konsentrasi akan selalu bersifat dinamis sesuai keadaan dan dinamika.

Prinsipnya, sesuai UU Sisdiknas, S1 adalah pendidikan akademik yang merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pascasarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Sementara D3 adalah pendidikan vokasi yang merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu. Kedua jenis pendidikan ini diarahkan untuk langsung masuk ke pasar kerja, namun tetap membuka kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Pilih yang mana? Sepenuhnya tergantung pada diri anda masing-masing dengan menyesuaikan pada minat dan bakat serta cita-cita karir di masa depan.

Silahkan baca info lebih lanjut mengenai sistem pendidikan Indonesia disini. Semoga bermanfaat...