19 Desember 2012

Sosialisasi Web Prodi Baru Laman Dikti

Banjarmasin, 15 Desember 2012
Sosialisasi Website Pembukaan Prodi Baru Laman Dikti dihadiri oleh sekitar seratus enam puluh peserta dari berbagai Perguruan Tinggi se Kalimantan. STMIK SPB AIRLANGGA Samarinda juga mengirimkan perwakilannya dalam kegiatan tersebut, dalam hal ini di wakili oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi Ibu Tina Tri Wulansari, S.Kom.

Secara umum kegiatan yang hanya berlangsung 3 jam itu berjalan dengan lancar, meskipun ada kendala teknis dengan padamnya lampu saat acara dimulai. Beberapa peserta mulai berhamburan keluar karena didalam ruangan terlalu panas. Padamnya lampu membuat sesi sosialisasi web ditunda untuk waktu sekitar 1 jam, yang kemudian diisi dengan tanya jawab terkait dengan syarat-syarat pembukaan prodi baru.

Peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan-pertanyan yang mereka hadapi di kampus masing-masing. Meskipun sangat banyak yang ingin bertanya namun bidang kelembagaan yang memang menjadi narasumber dalam acara tersebut memberi batasan tentang pertanyaan yang diajukan. Peserta hanya boleh bertanya hal-hal yang terkait dengan pembukaan prodi baru saja.

Beberapa pertanyaan yang diajukan dan sempat terekam oleh saya adalah tentang bagaimana proses perubahan program D3 menjadi S1, SK penutupan prodi D3, penamaan fakultas untuk program S2, prodi apa saja yang di moratorium, syarat pembukaan akademi komunitas, syarat membuka kampus luar domisili, dan syarat pembukaan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh).

Semua pertanyaan dijawab dengan baik dan jelas oleh tim kelembagaan Kopertis Wilayah XI, adapun pertanyaan yang belum terjawab dengan sempurna akan dijawab via email. Tim kelembagaan kopertis juga menyampaikan sangat terbuka jika ada Perguruan Tinggi yang ingin berkonsultasi melalui email.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi Web Pembukaan Prodi Baru, hal yang sangat ditekankan terkait dengan pengisian Web tersebut adalah memastikan semua data terisi dengan benar, tidak ada data yang dikosongkan dan diisi sesuai dengan format yang ditentukan. Sistem verifikasi yang dilakukan pada pembukaan prodi baru berdasarkan nomor antrian, jika ada data yang belum lengkap maka berkas yang dimasukan oleh Perguruan Tinggi akan dikeluarkan oleh tim verifikasi dan diminta untuk mendaftar ulang, sehingga akan mendapat nomor antrian baru lagi.

Akhirnya pertemuan diakhiri tepat setelah 3 jam pertemuan berjalan (mulai jam 09.00 – 13.00).
Senang bertemu dengan rekan penggiat pendidikan se Kalimantan, semoga Pendidikan semakin lebih baik.

Tina Tri Wulansari, S.Kom