12 September 2013

Anas Abdurahman Alumnus Universitas Gunadarma Berbagi Pengalaman Pembuatan Aplikasi Mobile

Sore ini hadir di kampus kita Sdr. Anas Abdurahman Alumnus Universitas Gunadarma Jakarta tahun 2013.  Anas mengulas soal aplikasi kesehatan yang dirancangnya dalam penyusunan skripsi kepada dosen dan staf STMIK SPB Samarinda.  Aplikasi mobile buatannya adalah Aplikasi Diabetes, yang dibuat khusus untuk memantau tingkat kadar gula dalam darah.

Ide membuat aplikasi ini tercetus ketika Anas dimuinta oleh dosen pembimbingnya untuk membuat aplikasi sederhana yang berguna bagi masyarakat.  Mahasiswa Lulusan S-1 Teknik Informatika Universitas Gunadarma ini prihatin terhadap tingginya tingkat kematian di Indonesia akibat diabetes. Hatinya pun tergerak untuk membuat aplikasi ini.

Untuk mengetahui kadar glukosa dalam darah, pengguna harus memasukkan data berupa jenis asupan makanan dan aktivitas harian. Selain mendidik pasien supaya hidup lebih sehat, aplikasi ini bertujuan agar hubungan pasien dengan dokter semakin dekat, dalam hal efisiensi waktu, biaya, serta jarak dalam berkonsultasi. Aplikasi yang digarap ini akan sangat membantu pasien menyampaikan data kondisinya kepada dokter (sebagai bahan konsultasi ke dokter).  Yang sulit dalam membuat aplikasi ini adalah menganalisa apa yang dibutuhkan oleh pengguna demikian disampaikan Anas.