02 April 2014

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Prodi S1 Sistem Informasi STMIK SPB

VISI

Menjadi salah satu program studi Sistem Informasi terbaik di wilayah Kalimantan pada tahun 2017, dan terdepan dalam mengintegrasikan pengetahuan dan keahlian solusi teknologi informasi terbaru dengan kebutuhan proses bisnis.

MISI

(1) Menyelenggarakan proses pendidikan yang menekankan pada penguasaan solusi berbasis teknologi informasi terbaru, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang keahlian Sistem Informasi.

(2) Menyelenggarakan kegiatan organisasi dan administrasi pendidikan yang berbasis teknologi informasi yang diterapkan secara terintegrasi dan berjalan secara efektif, efisien, dan dapat diandalkan.

(3) Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana Komputer yang mampu bersikap profesional, memiliki daya saing, mampu bersikap mandiri, berakhlak baik, dan memiliki mentalitas dasar: jujur, inovatif, dan pantang menyerah.

(4) Melakukan penelitian bidang sistem informasi secara berkelanjutan, baik secara mandiri dalam lingkungan akademis maupun bekerjasama dengan institusi lain atau organisasi profesi terkait.

(5) Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan berbasis technopreneurship, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain yang terkait.


TUJUAN

Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan sarjana komputer yang memiliki kemampuan penalaran dalam pembuatan dan pemanfaatan solusi teknologi informasi terbaru secara optimal, serta mampu mengembangkan ilmu dan keahliannya melalui penelitian dan pengabdian masyarakat baik secara konseptual maupun aplikatif.

SASARAN

(1) Setiap lulusan telah memiliki pengetahuan tentang manajemen perusahaan dan kemampuan dalam analisa proses bisnis.

(2) Setiap lulusan telah menguasai metodologi perancangan sistem informasi dan mampu membangun solusi sistem informasi sesuai kebutuhan.

(3) Setiap lulusan telah menguasai pengetahuan pendukung dalam pembangunan solusi sistem informasi dalam bentuk teknologi terbaru, baik berupa perangkat lunak, perangkat keras, dan manajemen jaringan komputer.

(4) Setiap lulusan telah mampu melakukan penelitian baik mandiri maupun dalam kelompok, dalam bidang sistem informasi.


(5) Setiap lulusan telah terlibat dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberian pelatihan teknologi informasi sesuai kebutuhan masyarakat, atau keterlibatan pendampingan dalam bidang technopreneurship.

STRATEGI PENCAPAIAN

(1) Penguasaan proses bisnis dan manajemen perusahaan dengan cara:
(a) Pemberian mata kuliah teori di kelas untuk bidang pengantar manajemen dan bisnis serta analisa proses bisnis;
(b) Kunjungan ke perusahaan atau instansi untuk melihat secara langsung proses bisnis yang terjadi.

(2) Penguasaan kemampuan dalam pembangunan sistem informasi dengan cara:
(a) Pemberian mata kuliah teori tentang perancangan sistem informasi;
(b) Pembekalan mata kuliah pemrograman secara komprehensip meliputi algoritma dan pemrograman, pemrograman terstruktur, pemrograman berbasis objek, pemrograman berbasis web, dan pemrograman untuk perangkat genggam (mobile);
(c) Mempertajam kemampuan dengan cara praktik langsung pembuatan program sesuai tugas di tiap mata kuliah pemrograman serta pembangunan sistem informasi secara lengkap yang terwujud dalam sebuah tugas akhir.

(3) Penguasaan keahlian pendukung pembangunan sistem informasi dengan cara:
(a) Pemberian mata kuliah teori di kelas untuk bidang pendukung pembangunan sistem informasi meliputi antara lain bidang multimedia, GIS, mobile computing, jaringan komputer, media sosial, dan mata kuliah pendukung lainnya;
(b) Penguasaan tiap-tiap bidang pendukung tersebut dengan cara praktik langsung membuat karya secara mandiri maupun kelompok.

(4) Penguasaan kemampuan mengembangkan ilmu melalui penelitian, yang disiapkan dengan cara:
(a) Pembekalan teori di kelas tentang metode penelitian, pembuatan proposan penelitian, dan statistika;
(b) Praktik penelitian mulai dari masa KKP hingga penelitian untuk penyusunan tugas akhir (skripsi).

(5) Penyiapan keterlibatan dalam pengabdian ke masyarakat, dengan cara:
(a) Pembekalan teori tentang technopreneurship, aplikasi manajemen perkantoran, etika profesi, pembelajaran berbasis komputer, dan mata kuliah terkait lainnya;
(b) Praktik langsung dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan-pelatihan keahlian komputer untuk sekolah, maupun pendampingan dalam usaha-usaha masyarakat berbasis technopreneurship melalui konsep desa binaan serta kemitraan dengan berbagai pihak di dunia industri;
(c) Keterlibatan aktif dalam berbagai komunitas dan proyek publik untuk pengembangan pemanfaatan teknologi informasi bagi kemajuan perekonomian lokal, regional dan global.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar