02 April 2014

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Strategi Prodi Sistem Informasi STMIK SPB Samarinda


VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI (S1) STMIK SPB SAMARINDA

VISI  :

Menjadi salah satu sekolah tinggi penyelenggara program studi sarjana komputer terbaik di wilayah Kalimantan pada tahun 2017, dan terdepan dalam mengintegrasikan pengetahuan dan keahlian solusi teknologi informasi terbaru dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.



MISI  :

1.      Menyelenggarakan proses pendidikan yang menekankan pada penguasaan solusi berbasis teknologi informasi terbaru, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang informatika.
2.      Menyelenggarakan kegiatan organisasi dan administrasi pendidikan yang berbasis teknologi informasi yang diterapkan secara terintegrasi dan berjalan secara efektif, efisien, dan dapat diandalkan.
3.      Mendukung penyiapkan mahasiswa untuk menjadi Sarjana Komputer yang mampu bersikap profesional, memiliki daya saing, mampu bersikap mandiri, berakhlak baik, dan memiliki mentalitas dasar: jujur, inovatif, dan pantang menyerah.
4.      Memfasilitasi penelitian bidang informatika secara berkelanjutan, baik secara mandiri dalam lingkungan akademis maupun bekerjasama dengan institusi lain atau organisasi profesi terkait.
5.      Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan berbasis technopreneurship, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain yang terkait.

TUJUAN  :

Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan sarjana komputer yang memiliki kemampuan penalaran dalam pembuatan dan pemanfaatan solusi teknologi informasi terbaru secara optimal, serta mampu mengembangkan ilmu dan keahliannya melalui penelitian dan pengabdian masyarakat baik secara konseptual maupun aplikatif.

SASARAN :

1.      Setiap lulusan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik tentang teknologi informasi dan penerapannya dalam memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat.
2.      Setiap lulusan telah memiliki pemahaman yang baik tentang proses bisnis dan manajemen perusahaan.
3.      Setiap lulusan telah mampu melakukan penelitian baik mandiri maupun dalam kelompok, dalam bidang sistem informasi.
4.      Setiap lulusan telah terlibat dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberian pelatihan teknologi informasi sesuai kebutuhan masyarakat, atau keterlibatan pendampingan dalam bidang technopreneurship.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN  :

1.      Penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang baik tentang teknologi informasi dan penerapannya dalam memenuhi perkembangan kebutuhan masyarakat dengan cara:
a.      Pemberian mata kuliah teori tentang teknologi informasi dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru, baik untuk mata kuliah jenis pemrograman maupun keahlian penggunaan dari perangkat lunak yang sudah ada.
b.      Mempertajam penguasaan teknologi informasi dengan cara praktik langsung baik untuk pemrograman dengan cara pembuatan karya pemrograman, maupun praktik langsung dan membuat karya untuk solusi perangkat lunak yang sudah ada.
2.      Penguasaan proses bisnis dan manajemen perusahaan dengan cara:
a.      Pemberian mata kuliah teori di kelas untuk bidang pengantar manajemen dan bisnis serta analisa proses bisnis
b.      Kunjungan ke perusahaan atau instansi untuk melihat secara langsung proses bisnis yang terjadi
3.      Penguasaan kemampuan mengembangkan ilmu melalui penelitian, yang disiapkan dengan cara:
a.    Pembekalan teori di kelas tentang metode penelitian, pembuatan proposan penelitian, dan statistika.
b.    Praktik penelitian mulai dari masa KKP hingga penelitian untuk penyusunan tugas akhir (skripsi).
4.      Penyiapan keterlibatan dalam pengabdian ke masyarakat, dengan cara:
a.      Pembekalan teori tentang technopreneurship, aplikasi manajemen perkantoran, etika profesi, pembelajaran berbasis komputer, dan mata kuliah terkait lainnya.
b.      Praktik langsung dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan-pelatihan keahlian komputer untuk sekolah, maupun pendampingan dalam usaha-usaha masyarakat berbasis technopreneurship melalui konsep desa binaan.