12 September 2015

Ketua LP3M Menjadi Narasumber di Sosialisasi Warung Internet 2015

Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika (Disparekominfo) Kota Samarinda pada hari Kamis (10/Sep) menyelenggarakan Sosialisasi Warung Internet 2015 dengan tema "Peran Warnet Menciptakan Kreatifitas dan Kemandirian Bagi Pengusaha Warnet di Kota Samarinda". Acara yang dibuka oleh Asisten III Pemkot Samarinda, RIdwan Tassa ini dihadiri oleh 30 pengusaha dan pengelola Warnet, yang tergabung dalam Asosiasi Warnet Samarinda (AWASAM).



Muhamamd Fadli, M.Si., Ketua LP3M STMIK SPB Airlangga menjadi salah satu nara sumber dalam acara ini dengan menyampaikan materi Techopreneurship dan membagikan informasi bagaimana agar warnet dapat bermetamorfosa dalam menghadapi semakin menurunnya pengguna warnet saat ini. Fadli menyampaikan "Teknologi Informasi telah semakin menjadi kebutuhan pokok setelah pangan, sandang dan papan. APJII (2014) mencatatkan 88,1 juta pengguna internet Indonesia, dimana 4,2 jutanya berada di Kalimantan. Sebagian besar pengguna internet di Kalimantan adalah Perempuan, kecuali di Kalimantan Timur masih didominasi laki-laki".

"Warnet yang telah memiliki perangkat pendukung teknologi informasi, dapat dikembangkan menjadi coworking space ataupun mendukung dan memfasilitasi anak muda Samarinda untuk menjadi penguji game online, game developer ataupun aplication developer", lanjut Fadli. "Harapannya juga Pemerintah membantu memfasilitasi agar Warnet dapat dengan mudah memperoleh perijinan dan dapat membuka gerainya 24 jam, sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas anak muda Samarinda".

Kepala DIsparekominfo Kota Samarinda, H.M. Faisal mengatakan "Ke depan kami akan membangun Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan target 10 KIM di tahun depan. Warnet diharapkan dapat menyediakan tempatnya selama 3 jam setiap bulan bagi masyarakat untuk belajar memanfaatkan internet. Bila dulu ada 400an warnet di Samarinda, saat ini sudah semakin berkurang, dan kami sedang melakukan proses pendataan ulang". Ditambahkannya "Pemkot Samarinda juga sudah membuka kanal informasi publik melalui SMS, email, Facebook, twitter, PoBOX dan alamat surat, dan tahun depan kami akan mempersiapkan Perda Keterbukaan Informasi Publik".

Acara yang berlangsung di Lantai 2 Gedung Wakil Walikota Balaikota Samarinda ini berlangsung dari pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 11.00 wita. Dalam acara ini juga menjadi kesempatan bagi pengusaha dan pengelola warnet untuk merestrukturisasi AWASAM, dan telah diusulkan Een, sebagai Ketua AWASAM berikutnya.