28 November 2015

Ketua IKA STMIK SPB Airlangga Memberikan Materi pada Pembentukan KIM di Kampung Tenun ‪Samarinda


Bapak Fakhrullah Ipandy dari STMIK SPB Airlangga (Penanggiung Jawab Airlangga Library yang juga Ketua IKA STMIK SPB Airlangga) memberikan materi pada pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat di Kampung Tenun ‪Samarinda.  ‬Penyuluhan dan Bimbingan Pariwisata serta Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Rumah Tua/Rumah Adat Kampung Tenun Samarinda Seberang ini dilaksanakan pada tanggal 26 Nopember 2015.
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan suatu lembaga layanan Publik yang dibentuk dan dikelola dari,oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya”, ungkap Andik yang memaparkan materi KIM.

Setiap Kecamatan, Kota dan Kabupaten  perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan Pemerintah atau sebaliknya, sebagai mitra dialog dengan Pemerintah dalam merumuskan kebijakan public, sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok.

KIM merupakan revitalisasi dari kelompencapir jaman dulu yang saat ini keberadaannya disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintahan saat ini. Adanya KIM diharapkan berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu menjembatani antara masyarakat dan Pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

KIM diarahkan untuk menggunakan teknologi informasi dalam mengakses infrmasi, yang dalam implementasinya akan disesuaikan dengan kemampuan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi atau ketersediaan infrastruktur di lingkungan KIM berada.

Masyarakat membentuk kelompok untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.

KIM dibentuk untuk :
1. Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
2. Mengenali cara pemecahan masalah.
3. Membuat keputusan bersama.
4. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama
5. Mengembangkan jaringan informasi buat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.