30 Mei 2016

Seminar Hacking "Vulnerabilities Of Security System”

Seminar hacking yang diselenggarakan BEM STMIK SPB Airlangga telah berlangsung pada Sabtu 28 Mei 2016 diikuti oleh 33 peserta dari STMIK SPB dan SMK TI Airlangga. Materi yang dibawakan adalah tentang “Vulnerabilities of Security System”. Materi yang dibahas adalah tentang celah keamanan atau kelemahan pada suatu sistem, baik itu dari sisi hardware maupun software.



Diantara yang dibahas adalah:

1.      Apa itu Vulnerabality?
2.      Siapa Yang Vulnerable?
3.      Keuntungannya bagi Black Hat Hacker dan White Hat Hacker
4.      Bug Bounty Hunter, atau orang-orang yang mencari bug untuk memperoleh keuntungan.
5.      Mengapa bisa ada Vulnerable?
6.      Sumber-sumber vulnerability, diantaranya:
a.      Aplikasi
b.      Sistem Operasi
c.       Aplikasi Website
d.      Firmware
e.      Hardware
f.        Contoh Vulnerability
7.      Jenis Eksploitasi Terhadap Sistem Yang Vulnerable
8.      Teknik Pencegahan Eksploitasi Vulnerability

Serta diberikan pula contoh website yang diserang karena memiliki celah keamanan pada sistemnya. Peserta yang hadir tampak antusias dengan materi yang dibawakan, serta merasa penasaran sehingga ada beberapa peserta yang banyak memberikan pertanyaan.

Ada beberapa peserta yang meminta diberikan contoh penyerangan terhadap sistem yang memiliki celah keamanan, namun karena yang diadakan kali ini adalah seminar dan bukan workshop, maka hal itu tidak dapat dilakukan. Selanjutnya, peserta mengharapkan diadakannya workshop dengan tema serupa, agar dapat diberikan contoh dan dapat melakukan praktek bersama sesuai dengan materi yang telah diberikan.