07 Maret 2017

Sekilas tentang Aplikasi Airlangga Vote System (AirVoteSys)

AirVoteSys atau Airlangga Vote System adalah aplikasi dibalik suksesnya kegiatan Pemilihan Ketua OSIS di SMK TI Airlangga dan Pemilihan Ketua BEM STMIK SPB secara online.


Walaupun tampak sederhana, namun sistem online yang dibuat dengan framework Laravel ini memiliki banyak fitur penting sehingga bisa dipakai secara berkesinambungan. Tampilan sudah dalam format responsive design sehingga nyaman dilihat dari berbagai ukuran layar termasuk dari perangkat mobile.

Admin memiliki dashbord tersendiri dan dapat membuat event pemilihan sesuai kebutuhan, mengisi informasi lengkap mengenai kandidat yang mengikuti pemilihan, menentukan waktu voting, menambahkan atau menghapus pemilih, dst.

Sistem administrasi pemilih (voter) juga dibuat dengan banyak fitur. Kejadian pemilih yang melakukan voting direkam secara lengkap agar bisa dilacak secara digital forensik jika terjadi masalah atau gugatan. Pendaftaran pemilih bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara langsung ditambahkan ke sistem atau secara otomatis dengan menghubungkannya ke Google Sign-In System yang dipakai di G Suite (dulu disebut Google Apps). Sistem melakukan rekap secara real time dalam tampilan grafis yang menarik.

AirVoteSys secara otomatis mendokumentasikan event pemilihan yang telah berlangsung sehingga bisa dilihat lagi di kemudian hari. Setiap event pemilihan yang ditambahkan akan terus terekam di sistem.

Aplikasi berbasis web ini dikembangkan oleh mahasiswa STMIK SPB yang juga adalah seorang asisten dosen di STMIK SPB sekaligus guru di SMK TI Airlangga. Pengembangan aplikasi ini dikerjakan dalam waktu 3 hari dan tambahan 1 hari untuk menambahkan fitur integrasi dengan Google Sign-In System. Sang pengembang, Thami Rusdi Agus (LinkedIn, GitHubAcademia), memang memiliki bakat, minat serta pengalaman yang tinggi dalam pemrograman.

Jika ada yang berminat untuk menggunakan aplikasi ini, silakan kontak admin@spb.ac.id untuk disampaikan ke sang pengembang.

Lihat juga karya-karya para mahasiswa STMIK SPB lainnya di laman web Programming Reasearch Lab http://stmikspb.net/