29 April 2017

Mengapa Public Speaking Begitu Penting?



Sabtu, 29 April 2017, STMIK SPB mengadakan Seminar Public Speaking "How To Deliver Your Presentation" yang diselenggarakan oleh HIMA PRODI STMIK SPB di Aula Dinas Pendidikan Pemprov Kaltim. Pembicara utama adalah I Made Kertayasa, S.K.M, CPS, praktisi yang sudah memiliki segudang pengalaman di dunia industri.

Seminar ini dihadiri juga oleh Yusuf Wibisono, SE selaku Pembantu Ketua I, Ir. Sigit Sigalayan, MP selaku Pembantu Ketua II, staf akademik, guru, para mahasiswa(i) STMIK SPB, dan siswa(i) SMKTI Airlangga.

Mengapa public speaking begitu penting? Karena berbicara di depan umum mempunyai berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhan yaitu untuk menyampaikan informasi, memotivasi, membujuk dan mempengaruhi orang lain, mencapai saling pengertian dan kesepakatan” begitulah ungkap narasumber.

Ada pandangan dalam masyarakat bahwa kemampuan seseorang berbicara di depan umum adalah bakat bawaan dari lahir dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Namun menurut I Made Kertayasa bakat itu hanya 1%, dan 99% lainnya adalah ketekunan dan cara/metode.

Dia pun menambahkan metode yang sangat cocok dalam presentasi adalah metode PREP (Point, Reason, Example, & Point). Sehingga diakhir pemaparan materi, I Made Kertayasa menutup dengan sebuah kalimat “Satu-satunya hal yang patut kita takutkan adalah rasa takut itu sendiri. Cara tercepat dan terbaik untuk mengalahkan rasa takut itu adalah dengan melakukan apa yang kita takutkan”.



Pembantu Ketua I menyampaikan hal serupa dalam sambutannya bahwa “sesuatu yang paling ditakuti orang adalah berbicara di depan umum”. Oleh sebab itu, PK I berharap dengan diadakannya seminar ini, mahasiswa mampu menyadari betapa pentingnya public speaking. Seminar public speaking “how to deliver your presentation” ditutup dengan photo bareng bersama pembicara utama I Made Kertayasa, S.K.M, CPS. (ctspb)