03 Agustus 2012

Materi Persiapan Penelitian dan Skripsi

Salah satu kewajiban mahasiswa S1 di STMIK SPB Airlangga adalah menyusun tugas akhir sebagai syarat kelulusan adalah melakukan penelitian ilmiah sesuai bidang keilmuannya dan menuliskannya sebagai Skripsi. Tidaklah mudah membuat suatu penelitian dan skripsi yang baik. Hal paling utama dan pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan topik penelitian yang didasari oleh latar belakang permasalahan yang jelas dan runtut. Latar belakang masalah penelitian (research background) adalah bagian pertama dan sangat penting dalam menyusun penelitian dan tulisan ilmiah, baik dalam bentuk paper atau skripsi. Latar belakang masalah penelitian menjelaskan secara lengkap topik (subject area) penelitian, masalah penelitian yang kita pilih dan mengapa melakukan penelitian pada topik dan masalah tersebut

Kemudian langkah selanjutnya adalah merencanakan dan menyusun kerangka pemikiran dari penelitian yang akan dilakukan. Kerangka pemikiran adalah suatu diagram yang menjelaskan secara garis besar alur logika berjalannya sebuah penelitian. Kerangka pemikiran dibuat berdasarkan pertanyaan penelitian (research question), dan merepresentasikan suatu himpunan dari beberapa konsep serta hubungan diantara konsep-konsep tersebut.

Berikut sumber referensi yang sangat bagus berkenaan dengan penelitian di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kedua tulisan ini dibuat oleh Romi Satria Wahono yang merupakan salah satu pakar TIK Indonesia. Selamat belajar bagi para mahasiswa yang akan mempersiapkan penelitian skripsi, semoga sukses.