30 Januari 2013

Menumbuhkan Budaya Penelitian dan Berkarya

Karya Mahasiswa, klik gambar
Kegiatan penelitian dan berkarya, adalah bagian dari Tri Darma perguruan tinggi yang harus ditumbuhkan sejak awal serta wajib dikembangkan menjadi budaya yang mendarah-daging di lingkungan kampus. Menyadari pentingnya budaya penelitian dan berkarya ini, maka mahasiswa STMIK SPB Airlangga semester 1 jurusan Sistem Informasi didorong untuk mulai belajar membuat karya di bidang pemrograman.

Penelitian dilakukan terhadap masalah-masalah sederhana di sekitar mereka, lalu berusaha untuk membuat sebuah solusi pemrograman yang dapat mempermudah proses. Bagian penting yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tumbuhnya pola pikir kritis mahasiswa terhadap permasalahan di sekitar mereka, serta hasrat untuk selalu berusaha mencari atau mencipta solusi terbaik untuk tiap permasalahan.

Dengan berbekal teknik pemrograman yang masih sederhana, para mahasiswa berusaha mengidentifikasi beberapa permasalahan dan mencoba membuat solusi. Karya-karya yang dihasilkan memang masih sederhana, tetapi mengingat bahwa mereka masih semester 1, ini adalah sebuah langkah awal yang baik untuk menanamkan budaya penelitian dan berkarya dalam diri setiap mahasiswa. [yw]