31 Maret 2013

Praktek Lapang Mata Kuliah Kewarganegaraan

Hari ini mahasiswa semester VIII STMIK SPB Airlangga melakukan praktek lapang mata kuliah Kewarganegaraan (KWN) dengan materi "Pemahaman Hak Azasi Manusia di Masyarakat" didampingi dosen pengajar KWN Ir. H. Sigit Sigalayan, MP.

Sebut saja Agus, yang bersangkutan mengatakan tahu artinya HAM adalah Hak Azasi Manusia. Begitu ditanya seberapa pentingnya, Agus menjawab sangat penting karena melekat sejak lahir.
 
Beragam tanggapan tentang HAM seperti penerapan HAM di Indonesia belum maksimal karena masih terjadi penindasan dibanyak daerah demikian disampaikan amir (nama samaran). Joko sebut saja demikian menyampaikan HAM dari sisi pelayanan kesehatan masih terjadi kesenjangan pelayanan antara yang berstatus mampu dan tidak mampu.

Beberapa contoh studi kasus lapangan di atas menunjukkan betapa pentingnya edukasi HAM kepada masyarakat.  Masyarakat harus benar-benar memahami mana yang disebut pelanggaran HAM dan mana yang sebenarnya hanya sebuah pelayanan yang tidak "nyaman dan ramah", sebuah "public service" yang sesungguhnya melekat dalam sebuah etika profesi.