26 September 2013

ICT Pura Tana Tidung : STMIK SPB Samarinda Ikut Aktif Dalam Tim Pemetaan


ICT Pura (http://ict-pura.info) merupakan pemetaan yang dilakukan terhadap kabupaten-kota di Indonesia terkait pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. ICT Pura diselenggarakan Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo bersama dengan APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer). Untuk wilayah Kalimantan Timur, dilakukan bersama anggota APTIKOM Kaltim, meliputi STMIK Wicida Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda dan STMIK SPB Samarinda yang diwakili dosen kita Bapak Muhammad Fadli, M,Si

Bilamana kabupaten- kota memperoleh prestasi yang baik dari hasil pemetaan, akan diberikan penghargaan dari pemerintah pusat. Direncanakan, pemberian penghargaan ICT Pura tahun 2013 akan dilaksanakan di Samarinda.




Adapun komponen yang dipetakan di dalam ICT Pura adalah: (1) Tingkat Literasi (Pemerintah, Industri, Akademisi, Komunitas); (2) Tata Kelola (Perencanaan, Pengadaan, Penerapan, Pengawasan); (3)  Sumber Daya Teknologi (Jaringan, Hardware, Software, Informasi, SDM); (4) Keselarasan (Nasional, Daerah). Dari komponen-komponen tersebut akan dihasilkan indeks meliputi: Kesiapan, Kapabilitas, Pemanfaatan dan Dampak.

Kabupaten Tana Tidung adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia, yang disetujui pembentukannya pada Sidang Paripurna DPR RI pada tanggal 17 Juli 2007. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari 3 wilayah kecamatan di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sesayap, Sesayap Hilir dan Tanah Lia. Sejak tahun 2012, kabupaten ini merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, seiring dengan pemekaran provinsi baru tersebut dari Provinsi Kalimantan Timur.  Kabupaten Tana Tidung memiliki luas wilayah 4.828,58 km2, wilayah ini terbagi atas 3 Kecamatan dan 23 Desa. Untuk menuju Kabupaten Tana Tidung, dilakukan melalui jalur air, dari Pelabuhan Tengkayu Tarakan.

Ketersedian akses jaringan internet telah menjadi alat penunjang kinerja bagi sebagian besar masyarakat terutama para pegawai di lingkungan Pemkab Tana Tidung.  Saat ini telah terbangun jaringan intranet antar SKPD, hingga ke rumah dinas Bupati, Wakil Bupati dan Sekkab, dengan koneksi internet 8MBps. Tahun 2014 direncanakan akan bangun sebanyak 3 titik untuk internet gratis masyarakat. Pada tahun 2012, Kabupaten Tana Tidung merupakan kabupaten dengan penggunaan  Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) dengan   durasi  tertinggi yaitu mencapai tujuh jam per hari. Saat ini, Kabupaten Tana Tidung sudah memiliki Master Plan IT Kabupaten Tana Tidung.