02 Juni 2016

STMIK SPB Hadir Dalam FGD Desa Mandiri Energi

STMIK SPB diwakili Ibu Tina Triwulansari, berkesempatan hadir dalam FGD (Focus Group Disscussion) Pengembangan Desa Madiri Energi yang diadakan oleh Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) pada tanggal 31 Mei 2016 di Hotel Mesra Indah Internasional. 

Program Desa Mandiri Energi (DME) merupakan salah satu program pemerintah yang dimaksudkan sebagai entry point dalam kegiatan ekonomi pedesaan. Dimana program DME ini dimaksudkan agar desa dapat menyediakan kebutuhan energi sendiri maupun peluang pengembangan kapasitas produksi lainnya. Apabila masyarakat di desa sudah dapat memenuhi kebutuhan energinya maka diprediksikan akan tumbuh kegiatan-kegiatan yang mengikutinya dan bersifat mendorong kegiatan ekonomi sehingga pada gilirannya akan berdampaka positif bagi upaya pengurangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja dalam rangka penanggulangan pengangguran. Tutur Ketua harian DDPI dalam sambutannya.

Peserta FGD berasal dari pemerintah, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, swasta, dan kabupaten/kota. Diskusi diawali dengan pemaparan hasil studi awal terhadap potensi 3 Desa Mandiri Energi yang berada di Kabupaten Berau yang disampaikan oleh Prof. Dr. Soeyitno Soedirman, Ketua Pokja Green Growth DDPI Kaltim. Hasil dari FGD muncul adanya harapan bahwa DME harus menjadi fokus bersama lintas institusi dengan pemetaan yang baik sehingga dapat dijahit rapi sebagai pekerjaan bersama.