10 September 2018

STMIK Sentra Pendidikan Bisnis Mengikuti Cyber Jawara 2018

Cyber Jawara adalah kompetisi keamanan siber nasional dengan metode online dan offline. Kompetisi Cyber Jawara ini memainkan permainan Computer Network Defence, Penetration Test, Capture The Flag dan Forensic Analysis.

Tim terdiri 3 pemain, dan masing-masing babak berfungsi sebagai babak penyisihan hingga hanya tim yang menang yang tersisa.

Tim pemenang dari babak onlie akan diundang untung bermain secara langsung di tahap final. 

Tujuan Cyber Jawara adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap peningkatan pendidikan dan etika dalam keamanan informasi melalui serangkaian kompetisi dunia maya yang mencakup forensik, peretasan etis, dan pertahanan.

Cyber Jawara bercita-cita menciptakan peluang untuk peretasan etika (ethical hacking) agar diterima, dipraktikkan dan didemonstrasikan tanpa diskriminasi apa pun, melintasi semua batas geografis - untuk tujuan memahami apa yang diperlukan melindungi dan mengamankan informasi dan aset penting.


Dalam Kompetisi Cyber Jawara Tahun 2018 tercatat ada total 183 tim dari seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut, dan STMIK Sentra Pendidikan Bisnis Mengirimkan 1 Tim untuk mengikuti kompetisi tersebut, Kompetisi yang berlangsung dari tanggal 09 September - 10 September 2018 mengharuskan tim menyelesaikan soal-soal yang sangat sulit tentang Computer Network Defence, Penetration Test, Capture The Flag dan Forensic Analysis. Dan pada Akhirnya mampu mengumpulkan 2540 point dan berada pada peringkat 48 tingkat Nasional, dan Peringkat pertama untuk Zona Kalimantan.