14 Maret 2014

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Prodi D3 Manajemen Informatika STMIK SPB

VISI  

Menjadi salah satu program jalur vokasi Diploma 3 Manajemen Informatika yang terbaik di wilayah Kalimantan pada tahun 2017, dan terdepan dalam eksplorasi solusi teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis.

MISI  
  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional dengan penekanan pada keahlian dan praktik yang selaras dengan dunia kerja dan industri untuk menghasilkan tenaga ahli profesional di bidang manajemen informatika.
  2. Menyelenggarakan kegiatan organisasi dan administrasi pendidikan yang berbasis teknologi informasi yang di terapkan secara terintegrasi dan berjalan secara efektif, efisien, dapat di andalkan, dan menunjang praktik pengajaran vokasi.
  3. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli madya bidang manajemen informatika yang mampu bersikap profesional, memiliki daya saing, mampu bersikap mandiri, berakhlak baik, dan memiliki mentalitas dasar: jujur, inovatif, dan pantang menyerah.
  4. Melakukan peneliti bidang manajemen informatika secara berkelanjutan, baik secara mandiri dalam lingkungan akademis maupun bekerja dengan institusi lain atau organisasi profesi terkait.
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan berbasis technopreneurship, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak lain yang terkait.
TUJUAN  

Menghasilkan lulusan ahli madya bidang manajemen informatika yang memiliki keahlian profesioanl dalam menyelesaikan permasalahan bisnis sesuai tuntunan perkembangan kebutuhan dengan memanfaatkan teknologi informasi terbaru secara optimal.

SASARAN  
  1. Setiap lulusan telah mampu mengidentifikasi kebutuhan dalam proses bisnis didunia usaha maupun dunia industri.
  2. Setiap lulusan telah menguasai sekurang-kurangnya 3 (tiga) bahsa pemprograman komputer dan dapat menerapkannya dalam kebutuhan bisnis.
  3. Setiap lulusan telah menguasai pengetahuan pendukung dalam pembangunan solusi kebutuhan bisnis dalam bentuk teknologi terbaru, baik berupa perangkat lunak maupun perangkat keras.
  4. Setiap lulusan telah mampu terlibat dalam penelitian yang menitikberatkan pada solusi-solusi baru dalam bidang pemprograman.
  5. Setiap lulusan telah terlibat dalam pengabdian masyarakat, dengan penekanan pada bidang technopreneurship.
STRATEGI  PENCAPAIAN 
  1. Penguasaan proses bisnis dengan cara pemberian teori analisa proses bisnis dan terjun langsung di perusahaan untuk melihat dan terlibat dalam proses di dalamnya.
  2. Penguasaan kemampuan pemprograman dengan pembekalan mata kuliah pemograman secara komprehensif meliputi algoritma dan pemograman, pemograman terstruktur, pemograman berbasis objek, pemograman berbasis web, dan pemograman untuk perangkat genggam (mobile), serta dipertajam dengan cara praktik langsung pembuatan program sesuai tugas di tiap mata kuliah pemograman serta pembangunan sistem informasi secara lengkap yang terwujud dalam sebuah tugas akhir.
  3. Penguasaan keahlian pendukung pembangunan solusi kebutuhan bisnis dengan cara pemberian mata kuliah teori di kelas untuk bidang pendukung pembangunan sistem informasi meliputi antara lain bidang multimedia, GIS, mobile computing, jaringan komputer, media sosial, dan mata kuliah pendukung lainnya, serta praktik langsung membuat karya secara mandiri maupun kelompok.
  4. Penguasaan kemampuan mengembangkan ilmu melalui penelitian, yang disiapkan dengan cara pembekalan teori dikelas tentang metode penelitian, pembuatan proposal penelitian, dan statistika, serta praktik langsung penelitian di dunia industri mulai dari masa KKP hingga penyusunan tugas akhir.
  5. Penyiapan keterlibatan dalam pengabdian ke masyarakat, dengan cara pembelian teori tentang technopreneurship dan mata kuliah teknologi informasi pendukung, serta praktik langsung dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan-pelatihan keahlian komputer untuk sekolah, maupun pendampingan dalam usaha-usaha masyarakat berbasis technopreneurship melalui konsep desa binaan, serta kemitraan dengan berbagai pihak di dunia industri.
  6. Keterlibatan aktif dalam berbagai komunitas dan proyek publik untuk pengembangan pemanfaatan teknologi informasi bagi kemajuan perekonomian lokal, regional dan global.