13 Maret 2018

STMIK SPB Raih Peringkat 2 Hackathon 1.0 Tahun 2018


STMIK Sentra Pendidikan Bisnis Berhasil Mendapatkan Juara 2 Dalam Kompetisi Hackathon 1.0 yang di selengarakan oleh Diskominfo Kota Samarinda, Team SPB-BL yang terdiri Abdul Hamid Kurniawan (Analyst Sistem), Vhaldie Setiawan ( Designer Sistem ) dan Muhammad Reza Padillah (Programmer) ini membuat aplikasi E-Retribusi bernama S.E-RET.

Hackathon 1.0 yang diadakan pada tanggal 10-11 Maret 2018 tersebut mengharuskan team melakukan pembuatan aplikasi selama 24 jam nonstop.


Samarinda Hackaton 1.0 ini merupakan salah satu wujud implementasi Quick Win Samarinda Smart City. Acara ini mengusung tema “Mewujudkan Samarinda Sebagai Kota Tepian Cerdas yang Terdepan di Kalimantan” sesuai dengan visi Samarinda Smart City pada Master Plan Samarinda Smart City 2017 – 2025.

Selaras dengan konsep Quick Win Master Plan Samarinda Smart City maka konsep aplikasi yang dikembangkan pada Samarinda Hackaton 1.0 terbagi menjadi tiga ketegori yaitu e-Retribusi (smart payment untuk para tenant, pengelolaan retribusi terintegrasi, dll), e-Parking (smart sistem parking, menggunakan tap card, auto debit parking, dll) dan e-Waste (smart wasting management, IoT sampah, smart recycle sistem, dll).

Berikut Juara Samarinda Samarinda Hackathon 1.0 tahun 2018:
  1. Juara 1, POLITANI Samarinda, nama tim: Workstation, nama aplikasi: Point Trash.
  2. Juara 2, STMIK SPB, nama tim: SPB-BL, nama Aplikasi: S>E - RET (Samarinda e-Restribusi Siystem),
  3. Juara 3, STMIK STIKOM Balikpapan, nama tim: AUTO-BOT, nama aplikasi: AUTO BOT