07 April 2018

Directory of Open Access Journals

Tak jarang seorang mahasiswa harus mencari jurnal internasional demi kebutuhan penelitian dan lainnya. Terutama mereka yang duduk di bangku S2 dan S3, jurnal internasional adalah makanan sehari-hari. Namun tidak semua mahasiswa tahu cara mencari jurnal internasional, apalagi yang gratis. Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan informasi mengenai cara download jurnal internasional dengan gratis. Mari di simak.

#1 Yang benar-benar gratis ada di DOAJ
Pernahkah kamu mendengar istilah DOAJ? Ia merupakan akronim dari Directory of Open Access Journal alias direktori jurnal gratis. Di sini kamu bisa mencari jurnal internasional gratis dari beberapa publisher tertentu. Untuk dapat menikmati jurnal internasional gratis dari situs ini caranya sangat gampang. Kamu hanya perlu membuka laman situs dan mengetikkan kata kunci. (lihat gambar di bawah)

Pertama, kamu perlu membuka situs https://doaj.org, setelah itu ketikkan kata kunci di kolom search (hilangkan centang “articles” jika ingin hasil yang keluar hanya jurnal)

Kedua, kamu tinggal mengeklik tombol cari di samping dan tunggu hingga hasil keluar. Dan klik lah satu per satu untuk masuk ke rincian jurnal yang ada.

Setelah memilih jurnal kamu dapat melihat daftar beberapa jurnal dengan judul masing-masing. Di sana kamu dapat menemukan pilihan untuk melihat “abstract” dan “full text”.

#2 Cari yang gratis di Science Direct
Science Direct merupakan produk dari publisher besar, Elsevier. Di situs ini kamu dapat mencari puluhan ribu hingga ratusan ribu jurnal dari berbagai bidang. Hanya saja, tidak semuanya yang gratis di situs ini. Hanya ada beberapa jurnal yang gratis yang dilabeli dengan “Open Access”. Tapi itu tidaklah mengapa, jurnal internasional gratis ini juga dapat membantumu. Berikut cara mencari jurnal internasional gratis di Science Direct.

Pertama, kamu perlu membuka situs http://www.sciencedirect.com, setelah itu maka kamu akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah.

Di kolom pencarian kamu dapat mengisi beberapa input, tapi untuk awal kamu bisa menginput “keywords” atau kata kunci yang ingin kamu cari. Setelah dimasukkan kemudian tekan tombol enter di keyboard atau klik tombol cari di samping kolom di layar. Setelah itu kamu akan dibawa pada laman hasil pencarian seperti di bawah.


Di laman hasil pencarian kamu akan menemukan hampir semua jurnal berbayar (lihat tulisan “Purchase PDF …”). Sekarang tinggal mengubah hasil menjadi yang gratis. Lihat di kanan atas hasil pencarian ada tulisan “All access types” dan ubahlah menjadi “Open access articles” maka hasil pencarianmu akan diperbaharui.

Sekarang yang tampil adalah jurnal yang gratis. Silakan klik ikon PDF di setiap jurnal untuk mengunduhnya secara otomatis atau membukanya di browser dan disimpan setelah itu.

#3 Ada “sci-hub” untuk nyulik jurnal berbayar di Science Direct
Sudah menggunakan sekian cara mencari jurnal internasional tapi tidak nemu jurnal yang pas? Mungkin adanya memang di jurnal berbayar. Tapi tenang, jurnal berbayar masih bisa kamu dapatkan dengan gratis menggunakan jasa sci-hub. Begini caranya:

Buka dulu situs http://sci-hub.bz maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini

Setelah laman tampil, copy dan paste judul/URL artikel atau jurnal berbayar di ScienceDirect tadi laku tekan Enter atau klik gambar “Open”. Kamu akan diminat mengisi kode verifikasi atau tidak sama sekali dan setelah itu kamu akan diarahkan pada PDF jurnal yang kamu cari. Jangan lupa disimpan setelah itu ya.

#4 Gabung di Research Gate bisa juga
Ada satu komunitas peneliti yang terkenal, namanya Research Gate. Di situs ini kamu bisa download jurnal berbayar yang dibagikan gratis oleh penulisnya sendiri, atau bisa request file-nya ke penulis jurnal. Namun untuk bisa masuk ke Research Gate kamu harus daftar terlebih dahulu.

Buka https://www.researchgate.net dan akan tampil seperti ini

Klik “join for free” dan selesaikan pendaftaran. Oh ya, untuk mendaftar di sini kamu perlu email inst